top of page

Math Exhibition Grade 7 Belajar Matematika dengan gaya yang berbeda



math exhibition

Pembelajaran Matematika kelas 7 tahun ini ditutup dengan kegiatan Math Exhibition yang diadakan selama 2 hari, 16 dan 21 Mei untuk kelas yang berbeda-beda. Murid-murid mempersiapkan projek ini kurang lebih 5 minggu. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengaplikasikan konsep dari materi Matematika dengan cara yang kreatif, tidak hanya tertulis di atas kertas, namun dapat dipresentasikan dalam bentuk pameran. Kegiatan ini juga menambah kemampuan kerja sama serta kreativitas.


Mengapa menambah kreativitas? (1) Sebab sebagai requirement exhibition ini, murid ditantang untuk merancang sebuah permainan dengan menggunakan salah satu tema konsep Matematika yang sudah dipelajari selama satu tahun ajaran ini. Mulai dari Bilangan Bulat, Aljabar, Persamaan Linear, Rasio dan Sudut. (2) Segala permainan yang dibuat harus menggunakan alat dan bahan yang bersifat barang bekas. Hal ini merupakan salah satu upaya sekolah dalam mendukung program 3R (Reduce, Reuse, and Recycle). Ini juga langkah untuk mengurangi sampah di lingkungan sekolah.


Salah satu booth membuat game yang terinspirasi dari permainan di booth karnaval. Permainan tersebut memerlukan 2 pemain yang saling berkompetisi denagn menyelesaikan soal persamaan linear. Di kelas lain, terdapat booth yang terinspirasi dari konsep permainan monopoly. Mereka memodifikasi sedikit aturan permainannya, dan para pemain harus menjawab soal dengan konsep rasio untuk mendapat poin.


Secara keseluruhan, math exhibition ini berjalan lancar. Kiranya para murid semakin menikmati proses pembelajaran Matematika dengan sukacita.



0 comments

Comments


bottom of page