top of page

Mendukung Pertumbuhan Anak: Pelajaran Berharga dari Gelar Wicara SDH Daan Mogot


Suasana penuh keceriaan saat para orang tua dan narasumber berdiskusi mengenai pentingnya menjadi orang tua bijak dalam Gelar Wicara SDHDM

Sebagai bagian dari kegiatan OPEN DAY pada 02 September 2023, Sekolah Dian Harapan Daan Mogot (SDHDM) mengadakan Gelar Wicara bersama orang tua.


Acara ini diadakan dengan kesadaran bahwa menjadi orang tua tidaklah mudah dan membutuhkan proses belajar yang berkesinambungan serta hati yang mau dibentuk oleh Tuhan. Model Gelar Wicara ini merupakan bentuk baru yang dibuat untuk mengakomodir pertemuan orang tua dalam jumlah yang lebih minim demi dapat terjadinya diskusi dan sharing sesama orang tua. Narasumber dari Gelar Wicara ini adalah Mr. Andy Surya Putra (Associate Principal Junior School) dan dimoderasi oleh Mr. Wilik Chen. Beberapa orang tua hadir dan penuh antusias belajar bersama di dalam suasana yang santai dan penuh makna.


Sesi 1 bertemakan Toxic Parenting vs Wise Parenting.

Dalam topik ini, orang tua diharapkan dapat menyesuaikan isi komunikasi (termasuk pola asuh) ke putra/i mereka. Secara singkat, tidak ada orang tua yang dengan sengaja mau menjadi toxic bagi anak-anaknya, tetapi di dalam kekuatiran yang berlebihan atau cara mengomunikasikan "rasa sayang" yang kurang tepat, justru menjadi "toxic".

Contohnya, "Kamu jangan pulang malam-malam ya!" Sebenarnya ini adalah ungkapan sayang orang tua kepada anaknya. Tetapi anak bisa saja menganggapnya sebagai bentuk ketidakpercayaan orang tuanya.


Sesi 2 bertemakan Krisis Komunikasi Orang Tua dan Anak.

Dalam topik ini, orang tua belajar bagaimana membangun strategi berkomunikasi yang selaras dengan usia anak dan diharapkan orang tua tidak cepat membangun asumsi/persepsi negatif kepada anak. Beberapa tips praktis dibagikan dalam hal bagaimana membuka percakapan awal dengan anak. Misalnya ketika sedang makan bersama, yang ditanyakan sebagai kalimat pembuka adalah "Bagaimana makanannya hari ini?" bukan, "Bagaimana persekolahan hari ini?" Sesama orang tua juga memberikan strategi-strategi yang pernah mereka terapkan masing-masing pada putra-putri mereka.


Tidak ada orang tua yang sempurna, tetapi kemauan orang tua untuk berubah, menjadi harapan bagi anak-anak untuk juga mau bertumbuh. Sampai ketemu lagi di Gelar Wicara selanjutnya. (ASP)


0 comments

Related Posts

See All

Comments


bottom of page