Perencanaan Mundur: Batu loncatan untuk sukses
Halo Bapak/Ibu! Pada artikel ini, saya ingin menyampaikan formula rahasia yang dimiliki oleh setiap guru di SPH ketika sedang mempersiapkan pembelajaran yang terbaik untuk anak didik kita. Saya harap saya masih aman setelah memberitahu Anda formula rahasia kami.
Sebelum Anda membaca lebih jauh, harap siapkan kertas dan pena, atau iPad Anda, atau catatan digital Anda, atau apa pun yang Anda miliki untuk membuat catatan.
Apakah Anda memperhatikan bahwa kami mengumumkan sebagian besar penilaian sumatif beberapa minggu sebelum waktunya? Apakah Anda memperhatikan bahwa skema pembelajaran siswa kami adalah mempersiapkan mereka untuk proyek besar pada akhir unit? Apakah Anda juga memperhatikan bahwa setiap penilaian kami benar-benar melengkapi setiap pengetahuan lain - berjalan dalam waktu yang pasti secara bersamaan?
Nah, setiap orang dari kita memiliki sesuatu yang disebut formula rahasia. Untuk konteks ini, dikenal sebagai 'Perencanaan Mundur'. Perencanaan mundur adalah "menetapkan tujuan kita terlebih dahulu kemudian menentukan langkah-langkah untuk mencapai tujuan". Di sekolah, kita menempatkan tujuan pembelajaran yang diukur dengan penilaian (yaitu sumatif) sebagai tujuan, sedangkan proses pembelajaran dan penilaian formatif adalah langkah-langkah yang harus dicapai
tujuannya. Misalnya, tujuan Unit 1 adalah untuk menunjukkan sistem pernapasan menggunakan benda-benda di sekitar kita. Langkah-langkah untuk mencapai tujuan dapat dapat berupa pembelajaran tentang definisi, karakteristik organ, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pernapasan, dan bagaimana cara kerjanya, serta beberapa formatif penilaian di sepanjang pembelajaran untuk memeriksa pemahaman siswa dan untuk mempersiapkan demonstrasi. Memiliki perencanaan membantu para guru untuk merencanakan pertemuan sehari-hari dengan baik karena mereka memiliki sesuatu untuk dikejar, tanpa perlu memulai dari awal untuk mengajar. Pastikan untuk selalu memiliki tujuan terlebih dahulu, kemudian meletakkan langkah-langkah yang terukur dan layak untuk mencapainya.
Bagaimana formula ini bekerja dalam kehidupan kita sehari-hari? Karena telah terselenggara dengan baik di SPH, hal ini juga dapat diterapkan dalam kehidupan pribadi, aktivitas sehari-hari yang terkait.
Masih ingat resolusi Anda untuk tahun ini? Atau apakah Anda telah meninggalkannya pada bulan Februari? Oh, ayolah, ambil kembali. Kita akan membaca artikel ini sambil memikirkan resolusi kita. Atau, jika Anda memiliki sesuatu yang lebih besar untuk dicapai, simpan di tangan Anda. Kita akan menempatkan tujuan pribadi kita ke dalam perencanaan mundur.
Wiggins dan McTighe (2005) menyarankan tiga langkah dalam melakukan perencanaan mundur, yaitu (1) mengidentifikasi hasil yang diinginkan; (2) menentukan bukti yang dapat diterima; dan (3) merencanakan pengalaman belajar dan instruksi. Kita akan menerapkan langkah-langkah ini ke dalam tujuan pribadi kita.
1. Mengidentifikasi hasil yang diinginkan
Sebagai guru merencanakan tujuan pembelajaran yang selaras dengan tujuan kurikulum karena mereka terikat oleh ruang lingkup kurikulum. Sementara kita, kita semua bebas untuk menentukan tujuan apa pun untuk dicapai. Dalam tahap ini, luangkan tiga menit untuk berpikir dan menulis satu, hanya satu tujuan besar. Saya tidak mengatakan memiliki gaya rambut unik selama pandemi ini bukan hal yang bagus tetapi cobalah untuk menemukan satu tujuan yang Anda berjuang untuk mencapai. Misalnya, Anda ingin dapat menyajikan nasi goreng legendaris kepada keluarga Anda atau mampu mendongeng kepada anak-anak Anda tetapi Anda tidak percaya diri dengan pengucapan atau gesture; atau bahkan mencapai bentuk tubuh ideal tetapi Anda terus gagal setiap akhir pekan. Sekarang luangkan tiga menit, pikirkan satu tujuan besar itu, lalu tuliskan.
2. Tentukan bukti yang dapat diterima
Pada tahap ini, guru akan merencanakan penilaian. Dalam mengetahui apakah siswa menyelesaikan tugas, kami membuat rubrik dan mengirimkannya kepada Anda. Dalam rubrik Anda bisa lihat beberapa standar yang mengukur seberapa baik kinerja siswa pada tujuan pembelajaran tertentu. Sekarang, kita melakukan hal yang sama untuk tujuan kita. Anda akan mengalami bagaimana menjadi guru SPH sekarang.
Tetapkan beberapa bukti yang mengukur seberapa baik Anda telah memenuhi tujuan Anda. Tahap ini sangat penting dan tidak dapat dilewati, karena kita, manusia, cenderung mengkompromikan kelemahan kita dan dengan demikian menurunkan standar tujuan kita sendiri seiring berjalannya waktu ketika kita terus gagal melakukannya. Jika Anda tidak yakin tentang Standar yang perlu dipikirkan, Anda dapat berkonsultasi dengan orang yang dapat Anda percayai. Misalnya, untuk mencapai bentuk tubuh ideal, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter keluarga, pelatih pribadi, dll. Namun, jika Anda Bertekad untuk mengerjakan ini secara pribadi, Anda dapat mulai memikirkan standar tujuan Anda. Misalnya, tubuh yang ideal ditunjukkan oleh BMI (Indeks Massa Tubuh) – Anda bisa googling; atau nasi goreng legendaris pasti memiliki beberapa resep yang digunakan, dan mendongeng untuk anak-anak pasti memiliki beberapa strategi untuk menjadi ahli. Pastikan standar Anda terukur (dapat diukur). "Menjadi penjual pempek yang baik" bukanlah standar yang terukur tetapi "Menjual minimal sepuluh kotak pempek dalam sehari" adalah standar yang terukur karena kita dapat melihat dan menghitung kotak-kotak itu dijual. Anda pasti mulai paham.
Sekarang luangkan waktu 3 menit untuk memikirkan tujuan Anda sekali lagi dan tuliskan standar yang Anda ingin capai. Saya tidak menyarankan sejumlah standar, cukup satu atau dua, atau lebih, selama Anda berkomitmen, sebaiknya Anda lakukan.
3. Rencanakan Kesuksesan
Sangat bagus bahwa sekarang Anda memiliki tujuan dan bukti untuk mengukurnya. Sekarang, seperti yang direncanakan guru SPH untuk pertemuan sehari-hari, mari kita rencanakan kegiatan rutin yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Seperti kasus tubuh ideal, menghadiri sesi gym, melakukan latihan di rumah menggunakan video YouTube, dan memiliki diet khusus dapat dimasukkan dalam perencanaan. Adalah hal baik untuk membuat kegiatan tersebut menjadi perencanaan rutin, seperti pepatah bijak pernah berkata, "Satu hal yang sama yang Anda lakukan selama satu minggu bisa menjadi kebiasaan, ketika Anda melakukannya untuk tiga minggu bisa menjadi gaya hidup, dan jika Anda melakukan lebih dari itu, itu bisa menjadi budaya dan keyakinan" (NN).
Kesimpulannya, perencanaan mundur membantu kita merencanakan kesuksesan. Anda juga dapat memodifikasinya dengan memberikan jadwal khusus untuk rencana Anda, cara untuk memantau seberapa baik Anda telah melakukan, siapa yang dapat berkontribusi untuk mendukung Anda selama perencanaan dan sebagainya. Saya percaya, perencanaan yang tepat membantu diri kita sendiri untuk lebih berkomitmen pada apa yang ingin kita capai. Dalam memiliki perencanaan yang tepat, kita terikat untuk memikirkan target untuk dicapai dan dilatih untuk mendisiplinkan diri kita sendiri.
Sudahkah Anda melakukannya dengan perencanaan mundur? Pikirkan satu tujuan, tetapkan standar (bukti), tetapkan Langkah-langkahnya. Semoga sukses.
Referensi:
Wiggins, G., McTighe, J. (2005). Memahami dengan desain. Alexandria, Amerika Serikat: Asosiasi untuk Pengawasan dan Pengembangan Kurikulum.
Backward Planning: A steppingstone for success
Hello, parents! In this article, I want to spill a secret formula every teacher in SPH has while preparing the best for our children learning. I hope I will still be safe after I told you our secret
formula.
Before you continue any further, please prepare a paper and a pen, or your iPad, or your digital note, or anything you have for taking notes.
Did you notice that we announced most summative assessments weeks before the day? Did you notice that the scheme of our students’ learning is to prepare them for a grand project by the end of the unit? Did you also notice that every assessment we had was actually equipping every other knowledge – running in a definite timeline, together?
Well, everyone of us has something called a secret formula… and for this context, it is known as
‘Backward Planning’. Backward planning is “putting our goals first then lay down the steps to
reach the goals”. In school, we place the learning objective which measured by assessments (namely
summative) as the goal, while the learning process and formative assessments are the steps to reach
the goal. For instance, the goal of Unit 1 is to demonstrate the respiratory system using things
around us. The steps to reach the goal can be the learning about definition, organs characteristics,
and everything else related with respiratory, and how does it work, as well as some formative
assessments along the way to check students’ understanding and preparing for the
demonstration. Having this planning helps the teachers to plan for daily meetings well as they
already have something to catch up, without needing to start from scratch to teach. Keep in
mind to always have the goal first, then lay down measurable and feasible steps to achieve it.
How does this formula work in our daily lives? As it has worked well in SPH, it can also work in our
daily personal, non-academic related matters.
Do you still remember your resolution for this year? Or have you forsaken them by February? Oh, come on, grab ‘em back. We are going to walk through this article while having our resolution in mind. Or, if you have something bigger to achieve, keep it in your hand. We are going to put our personal goals into backward planning.
Wiggins and McTighe (2005) suggested three steps in doing the backward planning, which are (1)
identify desired results; (2) determine acceptable evidence; and (3) plan learning experiences and
instructions. We are going to implement these steps into our personal goals.
1. Identify desired results
As teachers plan for learning objectives which aligned with curriculum goals, they are bound by
the scope of the curriculum. While us, we all are free to determine any goals to achieve. On this
stage, spend three minutes to think and write one, just one great goal. I am not saying having a
unique hairstyle during this pandemic is not a great one but try to find one goal which you are
striving to achieve.
For instance, you want to be able to serve your family a legendary fried rice, but you don’t know
how to begin; being able to do storytelling for your kids but for now you are not confident on your
pronunciation or gesture; or even achieving your body goals but you keep failing it every weekend.
Now spend three minutes, think of that one great goal, then write it down.
2. Determine acceptable evidence
At this stage, our teachers will plan for assessment. In knowing whether students have
accomplished the assessment, we make rubrics and send them out to you. In the rubric you can
see several standards which measure how well a student performs on a specific learning objective.
Now, we are doing the same for our goals. You are gonna experience how to be an SPH teacher now.
Set several evidence which measure how well you have met your goal. This stage is essential and
cannot be skipped, since we, humans, tend to compromise our weaknesses and thus decrease the
standard of our own goals as the time passes when we fail to do so. If you are unsure about the
standards to think of, you may consult with people you can trust. For instance, in order to achieve a
body goal, it is always good to consult with our family doctor, personal trainer, etc. But, if you are
determined to work on this personally, you can start thinking of the standards of your goal. For
instance, an ideal body goal is shown by BMI (Body Mass Index) – you can google it; a legendary fried
rice surely has some recipes to use, and a storytelling for kids surely has some strategies to
master. Make sure your standards are measurable (dapat diukur). “Being a good pempek seller” is not a measurable standard but “Selling minimum ten boxes of pempek in a day” is a measurable
standard because we can see and count those boxes are sold. You’ve got the idea.
Now spend 3 minutes to think of your goal once again and write down the standards you want to
achieve. I am not suggesting any number of standards, either one or two, or more, as long as
you are committed, you are good to go.
3. Plan for success
It is great that now you have your goal and evidence to measure it. Now, as SPH teachers plan
for daily meetings, let’s plan for regular activities you can do to achieve your goal. As for our body
goals case, attending gym sessions, doing home workout using YouTube videos, and having a
specific diet can be included in the planning. It is always good to make them into a routine planning,
as a wise saying once said “one same thing you do for one week can be a habit, when you do it for
three weeks can be a lifestyle, and if you do more than that, it can be a culture and
belief” (Unknown).
In conclusion, backward planning helps us to plan for success. You can also modify it by giving a
specific timeline for your plan, ways to monitor how well you have been doing, who can contribute
to support you during the planning and so on. I believe, in having proper planning, we are helping
ourselves to be more committed to what we are aiming to achieve. In having proper planning, we
are bound to think of targets to achieve and are training to discipline ourselves.
Have you done with your backward planning, yet? Think of one goal, set standards (evidence),
lay down the steps. Good luck!
References:
Wiggins, G., McTighe, J. (2005). Understanding by design. Alexandria, USA: Association forSupervision and Curriculum Development.
Comments